Menganal Game Engine Unity3D Bagian 2
Ini adalah catatan saya tentang unity dan lanjutan dari postingan sebelumnya yaitu mengenal user interface unity3d Bagian 1, setelah kemaren kita sudah mengenal apa yang di maksud dengan Scene View, Game View, Project View, Hierarchy dan juga Inspector. Kali ini kita akan menlanjutkan pengenalan kita terhadap user interface unity3d.
2. Translate Tool untuk menggeser object kearah sumbuh x, y atau z
3. Rotate Tool untuk merotasi atau memutar object
4. Scale Tool untuk merubah ukuran pada object
5. Rect Tool fungsinya hampir sama dengan scale tool tapi tool ini lebih efektif digunakan pada saat kita membuat project 2D
6. Layout
Dengan opsi ini kita dapat merubah area kerja kita dengan membuka beberapa sample layout atau mengcostumize area kerja kita sendiri, pada dasarnya area kerja di unity adalah Default.
7. Save Scene dan Save Project
Ketika saya baru pertama belajar unity saya cukup kebingunan pada kedua hal ini. Perbedaannya adalah saat kita menggunakan save scene maka perubahan seperti merotasi, mendelete, menambah objek dan lain-lain yang telah kita lakukan pada object yang berada di hierarchy maka akan tersimpan. Sedangkan ketika kitika kita menggunakan save project itu tidak akan merubah scene kita.
8. Selanjutnya adalah Hotkeys atau shortcut pada unity secara default. seperti gambar dibawah ini yang diambil dari website resminya secara langsung
https://docs.unity3d.com/530/Documentation/Manual/UnityHotkeys.html
Begitulah kira-kira tampilan user interface yang paling tidak harus kitra ketehaui sebelum kita
membuat game menggunakan unity. Jika teman-teman masih merasa bingung tanyakan aja
lewat komentar.
Terimakasih telah membaca dan tunggu tutorial tentang unity selanjutnya.
Hy gan
ReplyDeleteTolong kasi tau infonya ke line aja ya gan
Berarti Save projeck lebih bagus ya ridho?
Terimakasi. Di tunggu infonya