Cara Terbaru Membuat Game 2D Platformer Sederhana dengan Unity PART 3

Cara Terbaru Membuat Game 2D Platformer Sederhana dengan Unity PART 3

Cara membuat game 2D platformer dengan unity – Halo sobat selamat datang kembali di beelancah.com. Tutorial ini adalah lanjutan dari tutorial sebelumnya yaitu cara membuat game 2D platformer sederhana menggunakan unity. Pada tutorial sebelumnya kita telah mencoba bagaimana membuat karakter Player dapat bergerak dan melompat.

Pada tutorial kali ini kita akan menyusun pijakan atau ground pada game agar game dapat menjadi lebih menarik lagi. Sobat masih ingat bukan pada tutorial Part 1 kemaren saat kita membuat pijakan untuk Player kita membuatnya dengan cara biasa yaitu hanya dengan drag and drop sprite pijakan kita kedalam scene lalu kita tambahkan komponen – komponen yang diperlukan.

Biasanya pada unity versi 5 ketika kita akan membuat ground atau pijakan ini, kita membuatnya dengan cara menyusunnya satu – satu didalam scene lalu kita jadikan prefab dan barulah kita susun lagi kedalam scene. Kecuali kalau sobat membuatnya menggunakan tools tambahan seperti Tiled2Unity.

Berikut screnshoot hasil game yang telah kita buat pada tutorial sebelumnya yaitu pada Part 1 dan Part 2.
Cara Terbaru Membuat Game 2D Platformer Sederhana dengan Unity

Untuk sobat yang belum membaca tutorial sebelumnya saya sarankan sobat membaca terlebih dahulu pada link berikut :


Jadi sekarang bagi sobat yang telah menggunakan unity versi 2017 ke atas, sobat dapat membuat atau menyusun pijakan seperti di atas dengan menggunakan Tilemap System 2D yang telah disediakan unity. Dengan menggunakan Tilemap, kita dapat menyusun pijakan ini dengan waktu yang lebih sedikit saat proses prototyping atau building game.

Eits tunggu dulu, sebelum kita belajar bagaimana menggunakan Tilemap System ini. Saya akan membagikan terlebih dahulu give away yang telah saya janjikan saat tutorial PART 1 kemaren, yaitu beberapa ebook gratis tentang proses pembuatan game menggunakan unity. Monggo silahkan untuk ebooknya bisa sobat download pada link di bawah ini :
Cara Menggunakan Tilemap System di Unity 

NOTE : Saya menggunakan Unity versi 2018.2.10f1 serta Visual Studio sebagai code editornya. Untuk menggunakan Tilemap ini minimal sobat menggunakan unity versi 2017.

Oke langsung kita praktekan bagaimana caranya menggunakan Tilemap System ini dalam membuat game 2D platformer dengan unity. Langkah pertama tentu kita buka terlebih dahulu project Game 2D Platformer kita sebelumnya sobat. Kalau sudah terbuka monggo lanjut kelangkah – langkah berikut :

• Sekarang kita pilih menu GameObject lalu pilih 2D Object dan pilih Tilemap
Cara Terbaru Membuat Game 2D Platformer Sederhana

• Maka pada Hierarchy kita akan bertambah 2 game object dengan nama Grid dan Tilemap


• Kalau kita perhatikan pada kedua game object tersebut memiliki beberapa komponen yang berbeda

• Pada game object dengan nama Grid di sana terdapat komponen Transform dan Grid, dengan komponen ini kita dapat merubah bentuk atau ukuran grid yang dapat kita lihat di dalam scene

• Sedangkan pada game object Tilemap, disana terdapat komponen Transform, Tilemap dan Tilemap Renderer

• Untuk sekarang tidak perlu ada yang harus kita rubah pada setiap komponen – komponen tersebutu sobat, cukup dibiarkan default dan kita lanjutkan kelangkah selanjutnya

• Oke kita lanjut dengan memilih menu Window lalu pilih Tile Palette

• Maka akan tampil window baru seperti berikut sobat


• Setelah itu kita buat New Palette dengan nama Ground


• Jangan lupa tekan Create
• Maka akan muncul window baru untuk menyimpan new palette ini di folder yang kita inginkan, disini saya simpan didalam folder Tiles yang telah kita buat pada tutorial sebelumnya


• Dan kita perhatikan pada folder Tiles akan ada satu assets prefab dengan nama Ground dan juga pada Tile Palette terdapat perintah Drag Tile, Sprite or Sprite Texture assets here 


• Jadi sekarang kita lanjutkan dengan DRAG and DROP sprite yang akan kita gunakan sebagai ground kemaren kedalam Tile Palette

• Setelah itu kita disuruh untuk memilih folder dimana kita akan menyimpan tile ini, disini saya membuat folder baru terlebih dahulu di dalam folder Tiles dengan nama GroundPalette lalu saya pilih folder ini untuk menyimpan tiles yang kita drag and drop tadi


• Kita tunggu sebentar proses Generinting Tiles Asset ini dan kalau sudah selesai maka hasilnya akan seperti berikut


• Dan saatnya sekarang kita buat ground / pijakan sesuai dengan cara memiilih Paint terlebih dahulu, lalu dilanjutkan dengan memilih sprite yang ingin kita gunakan dan baru deh kita Drag and Drop ke dalam scene membentuk pijakan sesuai dengan yang kita inginkan


• Kalau sudah selesai, sekarang kita tambahkan komponen Tilemap Collider 2D pada game object Tilemap dan jangan lupa sobat pilih Layer menjadi Ground


• Sehingga hasilnya nanti akan jadi seperti berikut


• Jangan lupa di Play untuk melihat bagaimana hasilnya sobat!

Saya rasa cukup sampai disini dulu tutorialnya sobat, jangan lupa untuk mencari referensi lebih banyak lagi tentang Tilemap System ini sobat. Karenakan apa yang saya jelaskan tentang Tilemap yang ada pada tutorial PART 3 ini masih belum detail banget. Bisa di bilang kita baru belajar tentang kulitnya aja sobat.

Dan untuk PART 4 ini saya masih bingung mau saya lanjtukan lagi atau tidak sobat, pinginya saya sih untuk tutorial cara membuat game 2D platformer dengan unity selanjutnya kita belajar bagaimana membuat membuat musuh atau jebakan seperti itu. Dan nanti ketika Player menyentuh / jatuh ke dalam jebakan maka game Player akan mati dan game akan kembali ke awal lagi. Jadi tunggu aja sobat, InsyaAllah akan saya lanjutkan lagi tutorialnya.

Akhirnya, alhamdulillah cara terbaru membuat game 2d platformer sederhana dengan unity Part 4 sudah saya buat sobat dan semoga bisa bermanfaat.

Terimakasih telah membaca sobat, jangan lupa share dan komennya :)

Subscribe to receive free email updates:

11 Responses to "Cara Terbaru Membuat Game 2D Platformer Sederhana dengan Unity PART 3"

  1. Bagus juga gan... Ditunggu update untuk penyelesaian gamenya, contohnya membuat game supermario.. Sampai build to android ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks udah mampir gan... Secepatnya akan saya update untuk part selanjutnya

      Delete
  2. thanks you so much...
    jazakallah khairan katsira ..

    ReplyDelete
  3. masih ditunggu gan. semangattt

    ReplyDelete
  4. Episode ke 4 ditunggu lagi gan...
    Murah rezeki gan dan sehat selalu

    ReplyDelete
  5. Saya mohon maaf kepada temen - temen yang sudah mengukuti tutorial saya sebelumnya, karena tiba2 saya mengganti asset yang baru pada tuorial membuat game 2D platformer ini.

    ReplyDelete
  6. bang kalo di 2D object tdk ada tilemap gimana ya?

    ReplyDelete
  7. bang kalo di 2D object tdk ada tilemap gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk menggunakan tilemap, minimal sobat harus menggunakan Unity3d versi 2017

      Delete

Halo sobat, terimakasih sudah membaca dan jangan lupa Comment jika dirasa masih ada yang belum paham.