C# Unity - Mengenal Pemrograman Berbasis Objek (OOP) Pada Unity

C# Unity - Mengenal Pemrograman Berbasis Objek (OOP) Pada Unity

Bismillah… Halo sobat (sebutan untuk para pembaca di blog ini), lama tak jumpe ni hehe. Bagi yang baru pertama kali datang di blog beelancah yang sangat sederhana ini. Kenalkan, nama saya Ridho Pratama Putra, saya asli dari Kota Bengkulu dan mantan mahasiwa Teknik Informatika. Hai Anak TI, udah bisa Ngoding beeluuummm!!! :D

Sebelumnya saya minta maaf kepada sobat yang sudah menghubungi saya melalui WA ataupun Email dan yang sudah request Tutorial dari dulu sampai sekarang belum saya buatkan juga hehehe. Tapi udah saya kasih solusinya lewat WA kan ya jadi ya enggak apa2 lah hahaha

Dan untuk sobat – sobat yang belum bisa terpenuhi ekspektasinya terhadap blog beelancah ini saya mohon maaf enggeh. Dan oleh karena itu, pada bulan Agustus 2019 ini beelancah membuka lembaran baru lagi, ciye ciye pasti bulan depannya udah di tutup lagi tuh lembarannya hahaha, janganlah. InsyaAllah blog ini akan tetap aktif dan menyajikan postingan dan tutorial tentang Game Development dan Desain lagi sobat.

Saya tidak berani berjanji setiap hari apa atau seminggu akan ada  berapa kali post yang akan update di beelancah dot com. Tapi tunggulah dengan sabar dan kita berdo’a aja sobat agar kita selalu diberi nikmat sehat, ilmu dan rezeki yang berkah serta semua cita – cita dan semua yang telah direncanakan oleh kita dapat terkabul satu – persatu seiring berjalannya waktu. Aamiin.

Udah sobat, segitu aja intronya pada postingan ini dan kita lanjutkan ke topik yang akan kita bahas pada postingan kali ini. Pada postingan kali ini kita akan belajar tentang Pemrograman Berbasis Objek atau lebih dikenal dengan sebutan OOP. Jadi untuk sobat yang masih baru belajar pemrograman ni ya saya sarankan sobat untuk membaca postingan – postingan saya sebelumnya yang ada pada blog ini supaya sobat bisa lebih mudah untuk memahami apa yang ditulis pada  postingan kali ini.

Lanjut sobat, OOP itu adalah sebuah cara untuk membangun aplikasi atau sistem dengan memecah alur program menjadi beberapa modul – modul sederhana yang disebut dengan objek dan objek tersebut akan saling berinteraksi satu dengan yang lainnya.

Perlu juga untuk kita ingat sobat, bahwa setiap objek – objek ini akan memiliki fungsi dan tugasnya sendiri – sendiri. Oh gitu… Terus maksutnya objek itu apa mas?

Jadi objek adalah sesuatu yang memiliki satu atau beberapa atribut dan satu atau beberapa macam aksi yang dapat dilakukannya. Oh.. jadi bingung saya mas hehehe

Oke deh, biar tidak bingung saya kasih contohnya nih sobat.

Misalnya saja kita ambil salah satu  contoh objek adalah seekor Sapi yang bernama Emoo. Sih Emoo ini memiliki atribut yaitu berkaki empat, berwarna hitam putih, berumur 5 tahun, bernama Emoo dan lain – lain. Terus Emoo juga memiliki beberapa macam aksi yang dapat Emoo lakukan yaitu, berjalan, berlari, melompat, menggigit dan lainnya.

Jadi objek – objek ini nantinya akan saling memanggil dan bekerjasama agar seluruh sistem dapat berjalan dengan baik sobat. Aha.. mulai sedikit paham saya mas. 

Kalau gitu biar pahamnya enggak sedikit lagi, saya kasih contoh yang lain lagi ni sobat.

Contohnya, coba sekarang kita bayangkan sebuah permasalahan,  misalnya membajak sawah. Jadi untuk menyelesaikan permasalahan membajak sawah ini kita membutuhkan kerja sama dari beberapa objek. Seperti Sapi, alat untuk membajak, dan Petani. (Sumber dari buku Pemrograman Berorientasi Objek C# karya  Erico Darmawan dan Risal.)

Contoh permasalahan yang lainnya ni sobat, misalnya saja membuat game. Jadi untuk menyelesaikan permasalahan membuat game ini kita membutuhkan kerja sama dari beberapa objek seperti Programmer, Game Designer, 2D / 3D Artist, Quality Assurance dan juga Producer. 

Jadi kalau kita ilustrasikan dalam program, suatu objek yang besar itu dibentuk dari beberapa objek lain yang lebih kecil, dan objek – objek ini saling memanggil, berkomunikasi dan bekerjasama berkirim pesan kepada objek yang lain.

Bagaimana sobat, apakah sudah mulai lebih kenal ni sama si doi. #Eh maksutnya sama si OOP? 

Hehehe bisa aja loh marwoto, Iya ni Alhamdulillah saya sudah sedikit lebih kenal sama OOP mas. 

Mantaps, sebelum kita lanjut lagi… monggo yang ngopi di seruput dulu kopinya sobat. #Ea

Oke kita lanjut sobat, biasanya kalau kita buat game dengan Unity itukan kita memakai C# dibaca C – Sharp untuk bahasa pemrogramannya. Nah, C# ini merupakan bahasa pemrograman yang menggunakan konsep Pemrograman Berbasis Objek atau OOP.

Jadi OOP ini memposisikan semua bagian yang terlibat dalam program sebagai objek. Dan program tersebut dibentuk dan dijalankan melalui interaksi antara objek yang satu dengan objek yang lainnya. Gitu sobat, terus juga OOP ini diciptakan dengan tujuan untuk mempermudah pengembangan dalam mengembangkan suatu sistem / program.

Sampai sini paham enggeh… 

Enggeh paham mas. Mantappu JIWA haha

Oh iya, ketika kita belajar tentang OOP ada beberapa istilah dan konsep OOP yang sangat perlu kita ketahui sobat. Konsep dan istilah – istilah tersebut seperti Class, Objek yang barusan udah sedikit kita singgung, Properti, Method, Access Indentifier, Enskapsulasi, Inheritance dan lain – lain. Untuk lebih jelasnya bisa sobat lihat gambar berikut yang sudah saya screenshoot listnya dari catatan saya sobat. 

Mengenal Pemrograman Berbasis Objek (OOP) Pada Unity

Btw, gambar di atas adalah daftar postingan – postingan saya selanjutnya di blog beelancah ini sobat, cukup banyak bukan. Semoga aja bisa keposting semua ya :D

Oke sobat, jadi ada cukup banyak istilah dan konsep yang harus kita pahami lagi agar kita bisa lebih dan lebih lagi mengenal dan memahami pemrograman berbasis objek. Untuk itu jangan sampai ketinggalan postingan saya selanjutnya tentang OOP ini ya sobat. Jangan lupa juga share and comments biar yang lagi pada belajar kayak kita – kita ni bisa tahu juga tentang Pemrograman Berbasis Objek (OOP).

PENGUMUMAN :

Oh iya, jika sobat ingin game, artikel, blog, atau karya atau cerita tentang team sobat, dan apapun yang masih berhubungan tentang game development terpublish di blog beelancah yang sederhana ini, sobat bisa langsung Email saya di beelancah@gmail.com atau WA di 0822 6903 3447 untuk lebih detailnya tentang program ini dan apa aja sih yang akan sobat dapatkan.

Monggo yang berminat bisa langsung hubungi saya ya, program ini GRATIS kok sobat enggak berbayar. Itung – itung jugakan sobat bantu saya membuat Postingan untuk beelancah juga ni wkwkwk

Terakhir saya ucapkan terimakasih udah mampir di beelancah dan sampai jumpa di postingan selanjutnya :D

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "C# Unity - Mengenal Pemrograman Berbasis Objek (OOP) Pada Unity"

Post a Comment

Halo sobat, terimakasih sudah membaca dan jangan lupa Comment jika dirasa masih ada yang belum paham.