Belajar Pemrograman C# Unity 3d - Pengkondisian atau Percabangan Dalam Pemrograman

Kondisi atau Percabangan

Pengkondisian atau Percabangan - Hai sobat, setelah pada postingan sebelumnya kita telah belajar tentang variabel dan tipe data, perubahan tipe atau type casting dan juga operator dalam pemrograman.

Pada postingan kali ini, kita akan belajar tentang pengkondisian dan percabangan dalam pemrograman khususnya bahasa pemrograman c#.

Pengkondisian atau percabangan adalah cara atau struktur pemrograman yang di gunakan untuk mengambil sebuah keputusan dengan syarat kondisi yang ada harus terpenuhi.

Jadi maksud dari percabanan ini adalah untuk memilih atau mengkondisikan apakah sebuah pernyataan akan dijalankan atau tidak.

Misalnya saja nih, kita memiliki percabangan seperti operasi logika, jika diberi sebuah pernyataan dan pernyataan tersebut bernilai benar, maka program akan menjalankan statement-statement yang telah ditentukan.

Selama saya belajar bahasa pemrograman dan untuk melakukan sebuah percabangan ini saya sering 
menggunakan perintah if, if-else dan switch case.

Baca juga :
Perintah if


if ini digunakan untuk satu kondisi saja dan jika pernyataan bernilai benar atau terpenuhi maka statement akan di jalankan dan jika bernilai salah atau tidak terpenuhi maka akan diabaikan.

Contoh Syntax :

if(syarat atau kondisi){
        //Menjalankan statement
    }

Contoh kode program :

using UnityEngine;
using System.Collections;

public class BelajarProgram : MonoBehaviour {

    void Start(){
        
        int skor = 100;     //deklarasi variabel

        if(skor == 100){    //kondisi
            print("Sobat mendapatkan skor 100 ");   //output
        }         
    }
}

Penjelasan :

Dari kode program diatas kita mempunyai sebuah variabel skor yang memiliki nilai 100 dan juga kita memiliki sebuah kondisi yang menyatakan, jika skor sama dengan 100 maka program akan menjalankan statement "Sobat mendapatkan skor 100".

Jadi kondisi diatas bernilai benar dan program akan menjalankan statement


Perintah if - else

if-else ini digunakan untuk lebih dari satu kondisi. misalnya saja if kondisi bernilai benar, maka program akan menjalankan statement A. Dan jika else if maka program akan menjalankan statement B. Atau jika tidakif dan else if tidak ada yang bernilai benar (tidak terpenuhi semuanya), maka program akan menjalankan statement C.

Contoh Syntax:

if(syarat atau kondisi){
        //Menjalankan statement A
    }else if(syarat atau kondisi){
       //Menjalankan statement B
    }else{
      //Menjalankan statement C
    }

Contoh kode program :

using UnityEngine;
using System.Collections;

public class BelajarProgram : MonoBehaviour {

    void Start(){

        int skor = 10;     //deklarasi variabel

        if(skor > 100){    //kondisi
            print("Hebat, skor sobat lebih dari 100 ");   //output
        }else if(skor < 100){
             print("Skor sobat kurang dari 100 ");   //output
        }else{
            print("Sobat Terlalu Hebat");   //output
        }         
    }
}

Penjelasan : 

Kode program diatas akan mencetak statement yang "Skor sobat kurang dari 100". Hal ini terjadi karena variabel skor memiliki nilai 10 dan kondisi di dalam else if bernilai benar bahwa 10 kurang dari 100.

Jika sobat mengganti nilai skor menjadi 120 maka statement yang "Hebat, skor sobat lebih dari 100" akan dijalankan.

Sedangkan jika sobat memberikan nilai skor 100 maka kondisi tidak ada yang terpenuhi dan program akan menjalankan statement "Sobat Terlalu Hebat".

Perintah switch - case

switch-case pada dasarnya hampir sama dengan perintah if-else, tetapi dalam penggunaannya kondisi atau syarat hanya dinyatakan dengan data yang bertipe karakter atau integer saja.

Perintah switch akan menyeleksi kondisi yang diberikan dan kemudian membandingkan hasilnya dengan konstanta - konstanta yang berada pada case. Pembandingan akan dimulai dari konstanta 1 sampai konstanta terakhir.

Jika hasil dari kondisi terpenuhi dengan nilai konstanta tertentu, misalnya konstanta 1, maka statement 1 akan di jalankan sampai ditemukan break.

Pernyataan break ini akan membawa proses keluar dari perintah switch, hal ini di karenakan agar eksekusi dilakukan pada kondisi yang terpenuhi saja.

Jika hasil dari kondisi tidak terpenuhi dengan konstanta-konstanta yang diberikan, maka pernyataan pada default akan dijalankan.

Contoh syntax :


switch (ekspresi integer atau karakter)
    {
        case konstanta-1 :
            //menjalankan statement 1
        break;
        case konstanta-2 :
            //menjalankan statement 2
        break;
        default:
            //menjalankan statement default
        break;
    }
}

Contoh kode program :


using UnityEngine;
using System.Collections;

public class BelajarProgram : MonoBehaviour {

    void Start(){

        int skor = 100;     //deklarasi variabel

        switch (skor){
            case 100 :
                print("Skor sobat 100");
            break;
            
            case 200 :
                print("Skor sobat 200");
            break;

            default:
                print("Skor Sangat Hebat");
            break;
        }        
    }
}

Pejelasan :

Kode program diatas akan mencetak statement "Skor sobat 100", hal ini terjadi karena variabel skor bernilai 100 maka pernyataan yang berada dalam case 100 akan di jalankan.

Beda jika sobat mengganti nilai skor menjadi 200 atau yang lainnya, jika variabel diganti dengan nilai 200 maka statement dalam case 200 akan dijalankan dan jika nilai skor bukan 100 dan 200 maka statement di dalam default yang akan dijalankan.

Oke sobat, cukup sekian postingan kali ini semoga bermanfaat untuk kita semua dan jika ada pertanyaan silahkan sobat berkomentar.

Mohon maaf atas segala kekurangannya dan terimakasih telah berkunjung ke blog beelancah.com tentunya.

Happy coding :)

Sumber : perbedaan if dan switch

Subscribe to receive free email updates:

10 Responses to "Belajar Pemrograman C# Unity 3d - Pengkondisian atau Percabangan Dalam Pemrograman"

  1. Trims, kebetulan juga saya lagi proses membuat game di unity. ✌️

    ReplyDelete
  2. Trims, kebetulan juga saya lagi proses membuat game di unity. ✌️

    ReplyDelete
  3. Trims, kebetulan juga saya lagi proses membuat game di unity. ✌️

    ReplyDelete
  4. mas, gimana jadinya jika kondisi yang berada di if tidak ada, yang di if else tidak ada. Namun kita tidak membuat else ?

    contoh:

    using UnityEngine;
    using System.Collections;

    public class BelajarProgram : MonoBehaviour {

    void Start(){

    int skor = 100; //deklarasi variabel

    if(skor > 100){ //kondisi
    print("Hebat, skor sobat lebih dari 100 "); //output
    }else if(skor < 100){
    print("Skor sobat kurang dari 100 "); //output
    }
    }
    }
    mohon dijawab mas, saya rada pusing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya lebih pusing dengan pertanyaannya :)
      law codingnya kayak yang sobat contohkan diatas maka nanti output yang di cetak enggak bakalan ada.. karena kondisinya enggak ada yg terpenuhi..

      Delete
  5. Bro... yg ini : if(skor > 100){ //kondisi
    print("Hebat, skor sobat lebih dari 100 "); //output
    }else if(skor < 100){
    print("Skor sobat kurang dari 100 "); //output
    }else{
    print("Sobat Terlalu Hebat"); //output
    }

    kok knpa gua ngakak yaa baca yg else nya wkwkwkwkw
    klo dalam game mungkin yg else itu skor nya jelek yaaa haha

    btw, keren cara lu posting nya... ngga ngbosenin buat gw yg lgi belajar
    Thx Bro!

    ReplyDelete

Halo sobat, terimakasih sudah membaca dan jangan lupa Comment jika dirasa masih ada yang belum paham.