Belajar Pemrograman C# Unity 3d - Perulangan for, while, do-while dan foreach-loop

Perulangan for, while, do-while dan foreach

Perulangan for, while, do-while dan foreach - Hai sobat:), pada postingan kali ini kita akan belajar tentang struktur kontrol perulangan di dalam bahasa pemrograman khususnya bahasa pemrograman c#.

Berikut beberapa perulangan yang sering digunakan didalam c# :

  • for-loop
  • while 
  • do-while
  • foreach-loop
Baca juga :


Tentu, sebelum kita mengetahui apa yang dimaksud dengan beberapa macam perulangan diatas
kita harus paham terlebih dahulu dengan struktur kontrol perulangan itu sendiri.

Jadi struktur kontrol perulangan adalah sebuah pernyataan yang mengijinkan kita untuk 
menjalankan beberapa baris kode program secara berulang-ulang sesuai dengan jumlah tertentu yang 
kita inginkan.

Misalnya saja ni,  kita memiliki sebuah baskom yang kosong dan agar baskom tersebut dapat terisi air dengan penuh maka kita membutuhkan 10 ember air.

Otomatis kita melakukan proses pengisian mulai dari ember pertama sampai ember kesepuluh, dan proses ini kita lakukan berulang-ulang atau dalam pemrograman kita kenal dengan perulangan.

Jika sobat sudah paham dengan penjelasan tentang perulangan diatas.

Mari kita lanjutkan belajarnya. 

Perulangan For

Perulangan ini kita pakai pada saat kita melakukan perulangan dengan jumlah yang sudah diketahui pasti.

Contoh Syntax : 

 for(inisialisasi; kondisi; penambahan/pengurangan){
            Pernyataan;
        }

Keterangan :
  • inisialisasi = inisialisasi dari variabel loop
  • kondisi = membandingkan variabel loop pada nilai batas tertentu
  • penambahan/penguranan = merubah/melakukan update pada variabel loop

Contoh kode program :

using UnityEngine;
using System.Collections;

public class Perulangan : MonoBehaviour {

    void Start(){
        
        for(int i=1; i<=5; i++){
            Debug.Log("Cetak angka 1 sampai 5 "+ i);
        }
    }
}

Penjelasan :

Kita membuat inisialisasi variabel yaitu i = 1, selanjutnya kondisi i<=5 diperiksa. Jika kondisi bernilai benar, pernyataan didalam for loop dijalankan. Kemudian, ekspresi i++ di eksekusi, lalu akan kembali pada bagian pemeriksaan kondisi i<=5 lagi. Kondisi ini akan dilakukan berulang-ulang sampai mencapai nilai yang salah.

Perulangan While

Perulangan ini kita pakai pada saat melakukan perulangan dengan jumlah yang belum diketahui pasti. Pernyataan pada while akan dikerjakan setelah pengecekan kondisi pada while yang bernilai benar.

Contoh Syntax :

 while (kodisi){
            Pernyataan;
        }

Contoh kode program :

using UnityEngine;
using System.Collections;

public class Perulangan : MonoBehaviour {

    void Start(){
        
        int i = 5;
        while (i > 1){
            Debug.Log("Cetak angka : " + i);
            i--;
        }
    }
}

Penjelasan :

Kode program diatas akan mencetak angka 5432 pada console. Yang penting kita ingat saat menggunakan perulangan while yaitu pada bagian i--; dan jika bagian ini kita hilangkan maka kita akan mendapatkan hasil perulangan yang terus-menerus (infinite loop).

Perulangan Do-While 

Perulangan ini hampir sama dengan perulangan while dan dipakai pada saat kita melakukan perulangan dengan jumlah yang belum diketahui pasti. Bedanya pernyataan pada do akan dijalankan terlebih dahulu, baru setelah itu dilakukan pengecekan kondisi pada while.

Contoh Syntax :
  do{
         Pernyataan;  
       } while (kondisi);

Contoh kode program :

using UnityEngine;
using System.Collections;

public class Perulangan : MonoBehaviour {

    void Start(){
        
       int i = 0;
       
       do{
         Debug.Log("Cetak angka 0 sampai 5 "+ i);  
       } while (i<=5);

Penjelasan :

Kode program diatas akan mencetak angka 012345, karena variabel i dimulai dari angka nol dan kondisi pada while kurang dari samadengan 5.


Perulagan Foreach

Perulangan ini adalah fungsi perulangan yang digunakan untuk melakukan perulangan pada elemen-elemen larik didalam array tanpa perlu kita menspesifikasikan batas lari yang bersangkutan.

Contoh Syntax :

  int[] _array = {masukkan nilai array yang diinginkan};   
        
        foreach (int i in _array){  
            Pernyataan;
        }

Contoh kode program :

using UnityEngine;
using System.Collections;

public class Perulangan : MonoBehaviour {

    void Start(){

       string[] strings = new string[3];
        
        strings[0] = "Elemen string pertama";
        strings[1] = "Elemen string kedua";
        strings[2] = "Elemen string ketiga";
        
        foreach(string getItem in strings){
            Debug.Log(getItem);
        }
    }
}

Penjelasan :

Pertama kita membuat sebuah variabel array dengan nama strings bertipe string dan memiliki elemen "elemen string pertama, elemen string kedua dan elemen string ketiga".

Kemudian diulang menggunakan foreach, elemen array pada variabel strings diberikan ke variabel baru yaitu variabel getItem.

Selanjutnya pernyataan akan dijalankan sampai semua elemen di dalam array habis.

Sobat dapat mencoba menjalankan kode program diatas dengan membuat sebuah file c# baru kemudian tambahkan kedalam MainCamera atau emptyObjek di dalam unity dan di Play.

Untuk postingan kali ini cukup sampai disini dulu, jika sobat masih bingung dengan penjelasan yang ada didalam postingan ini silahkan sobat berkomentar di kolom komentar.

Selamat mencoba dan terimakasih telah mampir diblog beelancah.com

Sampai jumpa:).

Sumber : unity3d loops

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Belajar Pemrograman C# Unity 3d - Perulangan for, while, do-while dan foreach-loop"

  1. maaf mas mau nanya dikit ni, kok bisa strings memiliki elemen "elemen string pertama, elemen string kedua dan elemen string ketiga".

    apakah string[3] = string[0] + string[1] +string[2]?

    tolong dijelaskan mas

    ReplyDelete
  2. unitynya nge freeze pas play perulangan for.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah beneran gan, coba di restart dulu deh unity ya. Udah itu di cek lagi scriptnya ada yang keliru atau enggak

      Delete

Halo sobat, terimakasih sudah membaca dan jangan lupa Comment jika dirasa masih ada yang belum paham.