Belajar Pemrograman C# Unity 3d - Break and Continue Statement

Break and Continue Statement

Break and Continue Statement  - Hai sobat, pada postingan kali ini kita akan belajar tentang pernyataan break dan continue dalam pemrograman c#. Biasanya pernyataan break dan continue ini digunakan untuk mengubah aliran kontrol didalam perulangan atau pengkondisian yang menggunakan switch.

Sebelum kita mencoba pernyataan break dan continue ini, agar sobat lebih paham sebaiknya sobat membaca terlebih dahulu postingan saya sebelumnya tentang pengkondisian dan perulangan didalam bahasa pemrograman.

Break

Break adalah sebuah pernyataan yang digunakan untuk keluar dari kendali kontrol percabangan switch ataupun perulangan.

Jadi ketika kita menggunakan pernyataan break didalam percabangan switch atau perulangan baik itu for dkk, maka percabangan atau perulangan tersebut akan diakhiri.

Contoh :
string nama = "Budi";

foreach ( char ambilNama in nama){
 if( ambilNama == 'd')
   break;  // Akan keluar dari perulangan jika kita menemukan karakter 'd'
   print(ambilNama);
 }

Dari kode program diatas kita mempunyai variabel nama dengan tipe data string dan memiliki value "Budi", kemudian kita menggunakan perulangan foreach untuk mengulang setiap karakter yang ada di variabel nama.

Penting untuk kita ingat, yaitu pada saat kita menggunkan perulangan foreach, kita harus membuat sebuah variabel baru (ambilNama) sebagai wadah dari variabel nama.

Ketika ambilNama samadengan karakter 'd' maka perulangan akan berakhir.

Berikut output ketika kita jalankan di unity :


Continue

Continue adalah sebuah pernyataan yang digunakan untuk melewati kendali kontrol ke perulangan atau iterasi berikutnya.

Namanya juga continue, jadi ketika kita menggunkan pernyataan ini didalam perulangan maka perulangan akan melewati dan menuju ke iterasi berikutnya.

Contoh :

string nama = "Budi";

foreach ( char ambilNama in nama){
 if( ambilNama == 'd')
           continue; // Perulangan akan melewati karakter 'd'
    print(ambilNama);
 }

Jadi kode program diatas hampir sama dengan contoh pada peryataan break, bedanya hanya pada bagian break kita ganti dengan continue.

Dan ketika ambilNama samadengan karakter 'd' maka perulangan akan dilewati dan berlanjut ke iterasi berikutnya.

Setelah kita jalankan program diatas, outputnya akan seperti berikut :


Untuk menambah pemahaman kita tentang pernyataan break dan continue ini, berikut adalah beberapa contoh sederhana kode program dan output saat menggunaan break dan continue dalam pemrograman c#.


Contoh 1 :

using UnityEngine;
using System.Collections;

public class BelajarProgram : MonoBehaviour {

 void Start () {

  for (int i = 0; i < 10; i++){
   
   if(i == 5)
    continue;
   Debug.Log(i);
  }
 }
}

Output 1 :



Contoh 2 :

using UnityEngine;
using System.Collections;

public class BelajarProgram : MonoBehaviour {

 void Start () {

  for (int i = 0; i < 10; i++){
   
   if(i == 5)
    break;
   Debug.Log(i);
  }
 }
}

Output 2 :



Contoh 3 :

using UnityEngine;
using System.Collections;

public class BelajarProgram : MonoBehaviour {

 void Start () {

  for (int i = 0; i < 10; i++){
   
   if(i == 5)
    break;
   Debug.Log(i);
  }
 }
}

Output 3 :



Oke sobat, mudah - mudahan bisa menambah ilmu baru dan terimakasih telah membaca postingan ini, sampai jumpa dipostingan saya selanjutnnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Belajar Pemrograman C# Unity 3d - Break and Continue Statement"

Post a Comment

Halo sobat, terimakasih sudah membaca dan jangan lupa Comment jika dirasa masih ada yang belum paham.