Belajar Pemrograman C# Unity 3d - Contoh Array Pada C#

Contoh Array Pada C#


Contoh Array Pada C# - Alhamdulillah sobat, hari ini saya bisa menambahkan catatan saya lagi di blog beelancah.com tentang pemrograman c#. Pada postingan kali ini kita akan belajar tentang Array.

Pengertian Array

Selama saya belajar bahasa pemrograman ni sobat, secara umum array itu adalah sekumpulan variabel yang memiliki tipe data yang sama dan dinyatakan dengan nama yang sama pula atau bisa kita sebut juga dengan beberapa data yang dikoleksi dengan tipe yang sama.

Kenapa dikoleksi, karena dengan menggunakan array memungkinkan kita untuk menyimpan data maupun referensi objek dalam jumlah banyak dan juga terindeks.

Array ini menggunakan indeks integer yang dimulai dari indeks 0 untuk menentukan urutan setiap elemen-elemen array.

Misalnya saja seperti gambar dibawah ini :


Dari gambar diatas dapat kita amati bahwa, disana terdapat sebuah array dengan nama data[ ] yang memiliki empat elemen. Untuk elemen pertama yaitu bernilai 5 yang berada di indeks 0, elemen 10 berada di indeks 1 dan seterusnya.

Baca juga :
Deklarasi Array

Didalam c# mendukung array satu dimensi, array multidemensi dan juga array bergerigi, untuk array bergerigi ini saya belum terlalu paham sobat jadi jika pada postingan ini banyak kekurangan saya mohon maaf dan bisa kita diskusikan lebih lanjut lewat kolom komentar.

Pendeklarasian array dilakukan dengan tipe data dan diikuti dengan kurung siku. Berikut contoh deklarasi dari array : 

Array Satu Dimensi :
int[] angka;
string[] nama;

Array Multidimensi :
int[,] objek;
string[,] objeks;

Array Bergerigi (Array-of-arrays (jagged)) :
byte[][] scores;
int[][] skor;

Deklarasi array di atas hanya menghasilkan variabel array kosong, untuk memberikan nilai awal pada array kita harus menginisialisasi array atau mendefinisikan array tersebut. Jadi silahkan di lanjutkan lagi bacanya sobat.!

Inisialisasi Array 

Untuk inisialisasi array, c# telah menyediakan cara yang sederhana dan mudah untuk dipahami misalnya saja dengan menginisialisasi array pada saat pendeklarasian dengan menambahkan nilai awal di dalam kurung kurawal {}.

Array Satu Dimensi :
int[] angka = new int[5] {1, 2, 3, 4, 5};
string[] nama = new string[] {"DOTA", "COC", "FIFA"}; // tanpa size
int[] angka = {1, 2, 3, 4, 5}; // tanpa operator new

Array Multidimensi :
int[,] angka = new int[3, 2] { {1, 2}, {3, 4}, {5, 6} };
string[,] nama = new string[2, 2] { {"Mike","Amy"}, {"Mary","Albert"} };
int[,] angka = new int[,] { {1, 2}, {3, 4}, {5, 6} }; // tanpa size
string[,] nama = { {"Mike", "Amy"}, {"Mary", "Albert"} }; // tanpa operator new

Array Bergerigi (Array-of-arrays (jagged)) :
int[][] angka = new int[2][] { new int[] {2,3,4}, new int[] {5,6,7,8,9} };
int[][] angka = new int[][] { new int[] {2,3,4}, new int[] {5,6,7,8,9} }; //tanpa size atau
int[][] angka = { new int[] {2,3,4}, new int[] {5,6,7,8,9} };

Jadi ketika kita akan melakukan sebuah inisialisasi pada array maka kita dapat menggunakan beberapa cara yang berbeda, seperti contoh diatas kita dapat melakukannya dengan atau tanpa menggunakan operator new.

Mengakses Elemen Pada Array

Untuk mengakses elemen atau anggota pada array ini mirip dengan bagaimana kita mengakses anggota array di C / C++.

Misalnya saja kita mendeklarasikan int[] nomor = new int[3]; disini kita membuat 3 int sekaligus yang dapat kita akses dengan variabel nomor[0], nomor[1], nomor[2].

Contoh Array Satu Dimensi :
using UnityEngine;
using System.Collections;

public class BelajarArray : MonoBehaviour {

 void Start () {

  string[] namaGame = new string[3];
  namaGame[0] = "DOTA";
  namaGame[1] = "COC";
  namaGame[2] = "FIFA";

  for(int i=0; i < namaGame.Length; i++ ){
   print(namaGame[i]);
  }
 
 }
}

Output :


Contoh Array Multidimensi :
using UnityEngine;
using System.Collections;

public class BelajarArray : MonoBehaviour {

 void Start () {

  int[,] nomor = new int[,] { { 1, 2, 3 }, { 4, 5, 6 } };
  print(nomor[0, 2]); //Akan menampilkan nomor 3
 }
}

Output :


Jadi kenapa output dari array diatas adalah 3 ?. Hal ini di karenakan array multidimensi ini seperti halnya matriks. Untuk membuktikannya, sekarang coba kita ubah array multidimensi diatas kedalam sebuah matriks.

Seperti yang kita tahu bahwa matriks terdiri atas baris dan kolom, sedangkan dari array yang telah kita buat disana terdapat 2 baris dan 3 kolom. Kalau kita buat matriksnya maka akan seperti berikut :


Dan akhirnya kita tahu output dari array menjadi 3 karena kita mengakses elemen array yang berada di index [0, 2]. Jika kita mengakses array yang berada di indeks [1, 1] maka outputnya dari array adalah 5.

Oke, mungkin itu saja postingan tentang array kali ini. Seperti biasa jika postingan ini membuat sobat tambah bingung atau mungkin sobat mau menambahkan penjelasan tentang array, silahkan sobat tanyakan langsung lewat kolom komentar.

Untuk lebih jelasnya tentang array bergerigi (jagged) sobat bisa mengunjungi link yang di bawah ini. Selamat mencoba dan terimakasih.

Sumber :

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Belajar Pemrograman C# Unity 3d - Contoh Array Pada C#"

  1. hmmm, kesimpulannya, array itu wadah yang digunakan untuk menyimpan variabel dengan tipe data yang sama, menyimpannya berbasis kan integer dari anggak 0,1,2 dan seterusnya. kalo dilihat penggunaan array 2 dimensi bisa digunakan sebagai wadah penyimpanan variabel berbentuk tabel, untuk memilihnya menggunakan 2 integer 0,1,2 tadi maka akan mendapatkan 2 titik, titik itulah variabel yg diambil. sudah Lumayan Paham mastah. lanjut array gerigi OK

    ReplyDelete
  2. Oh ya saran aja, kalo bisa kasih contoh penggunaan array dalam pembuatan gamenya, biar semakin paham apa sih pentingnya array ini dalam buat game

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke terimakasih sarannya gan, InsyaAllah akan saya coba buatkan tutorial tentang array lebih lanjut pada postingan saya berikutnya. Jadi di tunggu aja ya

      Delete

Halo sobat, terimakasih sudah membaca dan jangan lupa Comment jika dirasa masih ada yang belum paham.