Game Mobile Android Yang Dibuat Menggunakan Unity3D


Halo sobat, bagaimana kabarnya...Walaupun sekarang bulan puasa tentu kita harus tetap produktif bukan !

Pada postingan kali ini saya tidak akan memposting tutorial tentang unity3d seperti sebelumnya tapi pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit cerita kepada sobat tentang UAS Pemrograman Game saya :).

Ada yang mengatakan tak kenal maka tak sa... Jadi perkenalkan nama saya Ridho Pratama Putra salah seorang Mahasiswa jurusan Teknik Informatika.

Hayo yang anak Informatika angkat tangan.

Langsung saja sobat, jika kalian anak TI pasti tahulah bagaimana perasaannya saat musim UAS telah tiba. I know that feel bro

sumber dari knowyourmeme.com
Oke sobat, jadi ceritanya pada UAS ini kami di bagi menjadi beberapa kelompok untuk game jam di kelas atau intinya sih.. kita ini di kasih tugas untuk membuat sebuah game yang tema dari game tersebut ditentukan oleh Dosen yang mengampu Mata Kuliah ini.

Agar lebih jelas apa itu ngejam sobat bisa cek di wiki berikut.

Kurang lebih UAS yang diberikan seperti itu. Oh iya sobat, Tanpa Batas adalah tema dari game jam ini.

Sobat tahu bukan kalau ngejam itu biasanya di lakukan dalam waktu 48 jam. Wihh keyen 48 jam membuat game, tapi tidak dengan UAS ini. Uas ini special sobat dan tak akan terlupakan (lebay).

Jadi kami para Mahasiswa diberikan waktu selama kurang lebih satu bulan untuk menyelesaikan game ini. Yap, selama kurang lebih satu bulan kami membuat sebuah game dari nol sobat. 

Tentu tidak setiap hari kami mengerjakan game ini sobat, kita tahulah bahwa mahasiswa itu tugasnyakan tidak hanya satu saja. Alasan, akui sajalah bahwa kalian banyak nunda-nunda dan bermalas-malasan. hehehe

Lanjut...
Kami berdiskusi untuk merencanakan game yang akan dibuat seperti memilih genre game, target platform maupun audiencenya, membuat storyline terus dilanjut membuat storyboardnya, mendesain karakter, environment, flow chart, dan lain-lain sampai koding dan sampai jadi game.

Tidak hanya sampai disini masalahnya sobat, kita juga di tuntut untuk mengupload game yang sudah jadi ke internet terus kelompok yang mendapatkan feedback dan download game paling banyak dan paling sedikit harus mempresentasikan game yang telah dibuat.

Lanjut lagi sobat, setiap kelompok ada 4 sampai 5 orang yang memiliki tugas masing-masing. Misalnya saja kelompok saya ini terdiri dari 4 orang yaitu :

  1. Fian sebagai sound enginer
  2. Vebri sebagai Designer
  3. Rizki sebagai 2D Artist
  4. Ridho sebagai Programmer
Nah setelah kami berdiskusi terus memulai development sampai akhirnya jadilah game kami yang kami berinama FIVERDO Protector Of Earth, Sobat tahulah FIVERDO itu apa :)


Jadi berikut storyline dari game FIVERDO ini.

Pada belahan bumi bagian selatan terdapat suatu daerah yang begitu adem, ayem, tentram, gemah ripah lohjinawi yang memiliki hasil bumi yang begitu melimpah nan hijau. Hasil bumi ini diincar oleh Planet Sweks yang akan digunakan untuk membangkitkan kekuatan Kingleks yaitu Raja dari Planet Sweks agar dapat menguasai Tata Surya. Untuk mendapatkan hasil bumi ini Kingleks mengutus Oldleks yaitu sebutan untuk pasukan tempur dari Planet sweks. Oldleks melaksanakan perintah dengan sedikit demi sedikit melucuti kekayaan alam dan hasil bumi yang ada di daerah tersebut. Mengetahui hal tersebut salah satu penduduk melaporkan kejadian yang mencekam ini kepada Fiverdo yaitu seorang pahlawan yang terlahir untuk melindungi planet bumi bagian selatan. Untuk melindungi masyarakat dan hasil bumi yang melimpah, Fiverdo bertempur dengan Oldleks untuk mencegah apa yang mereka ingin dapatkan.

Menarik bukan, storyline dari game kami sobat.

Dan berikut screenshoot dan video dari game play FIVERDO Protector Of Earth ini.









Terimakasih kepada Mas Yaqin karena telah memainkan game kami dan mengirimkan video ini.



Setelah game ini kami upload ke internet kami membuat sebuah challenge kecil-kecillan yang terus kami share ke group-group dengan harapan ada yang mendowload dan memberikan kritik dan saran untuk game kami ini, jadi challengenya seperti ini sobat :



Setelah game diupload..beberapa jam kemudian saya mendapat feedback dari beberapa orang dan berikut beberapa feedbacknya:


Dan selamat kepada saudara Giri dan Septa karena sudah mendapatkan reward dari kami.

beelancah
Giri
beelancah
Septa
Ngomong - ngomong, jika sobat tertarik dan ingin mencoba memainkan FIVERDO Protector Of Earth ini, sobat bisa mendapatkannya secara gratis link berikut :

FIVERDO Protector Of Earth

Sekali lagi jika sobat ingin melihat dan memainkan game-game dari kelompok lain yang sama-sama mengikuti UAS ini. Berikut screenshoot dan link download gamenya.

1. Tukijo's
beelancah tukijo's




4. Kancil Heroes


Oke sobat, begitulah sedikit cerita tentang UAS saya di akhir semester 6 ini.
Kami mohon doanya juga sobat, agar disemester berikutnya kami dilancarkan dalam menyelesaikan Tugas Akhir dan kegiatan-kegiatan yang lainnya. hehehe

Mohon maaf jika ada kata-kata yang salah atau yang kurang sopan atau game-game yang kami buat sangatlah sederhana dan masih banyak-banyak kurangnya.

Karena kami bukanlah profesional tapi kami akan berusaha untuk mencapai itu.

Ada yang mengatakan, orang yang berhasil adalah orang bodoh yang tetap berjuang. Dan orang yang tidak menghasilkan apapun adalah orang bijak yang berhenti berjuang.

Jadi sobat, kita harus tetap terus berjuang untuk menggapai cita-cita kita :)

Sampai jumpa di postingan berikutnya dan terimakasih telah membaca sobat.

Salam saya untuk :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Game Mobile Android Yang Dibuat Menggunakan Unity3D"

Post a Comment

Halo sobat, terimakasih sudah membaca dan jangan lupa Comment jika dirasa masih ada yang belum paham.