Cara Belajar Pemrograman Untuk Bikin Game Sendiri Bagi Pemula

Cara Belajar Pemrograman Untuk Bikin Game Sendiri Bagi Pemula

Belajar Pemrograman Untuk Bikin Game Sendiri Bagi Pemula  - Halo sobat, bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga sehat  selalu, dilancarkan rezekinya, dimudahkan kesibukannya dan terus semangat belajar pemrograman agar dapat membuat produk gamenya sendiri. Aamiin :)

Ini adalah postingan pertama saya setelah sekitar hampir  6 bulan lebih saya tidak pernah menulis postingan lagi di blog ini. Loh kok bisa gitu, iya gitu sobat karena pada tahun 2018 ini saya disibukkan dengan kegiatan-kegiatan lain sehingga tidak menyempatkan waktu saya untuk update tutorial tentang unity lagi.

Tapi Alhamdullilah, InsyaAllah mulai bulan Agustus nanti saya akan rajin update tutorial lagi setiap minggunaya. Khususnya hutang saya kepada sobat karena tutorial tentang Cara Terbaru Membuat Game 2D Platformer Sederhana dengan Unity  Pada Part 4 nya belum sempat saya lanjutkan hehehe.

Oke, btw btw pada postingan kali ini saya tidak akan membuat tutorial tentang unity seperti biasanya. Tapi kali ini saya akan berbagi tips untuk sobat agar bisa tetap istiqomah saat belajar pemrograman game.

Wih gaya, sombong banget loh mau bagi-bagi tips segala.
Emang loh udah Mythic! :)

Justru karena saya masih newbie sobat, jadi postingan ini saya buat khusus untuk pemula seperti saya yang baru dan masih terus belajar tentang dunia pemrograman agar proses belajar jadi lebih fokus dan terarah serta dapat menambah motivasi belajar kita.

Jujur sobat, postingan kali ini banyak saya ambil dari berbagai website dan forum-forum tentang game dan ditambah beberapa pengalaman yang pernah saya lakukan.

Saat ini pemrograman komputer dianggap sebagai kemampuan yang baik dikuasai oleh semua orang. Tentu wajib hukumnya untuk sobat mahasiswa yang jurusannya Teknik Informatika hehe

Karena kegiatan ini sangat menyenangkan sobat (benarkah?) dan berguna untuk membantu kita menjadi pribadi yang kreatif dan pastinya dapat membuka pintu karir baru untuk kita sobat.

Nah, saya bukan tipe orang yang suka basa basi tapi kok... ya sudahlah

Baik sobat, mari kita mulai..

Niat dan Tujuan

Saya ingin menjadi game developer.. Now What? Jadi tips pertama dari saya untuk dapat menguasai
pemrograman adalah niat sudah itu tentukan tujuan sobat belajar pemrograman.

Ini penting sobat, karena memulai belajar pemrograman itu tidaklah mudah dan butuh usaha serta resources yang lebih sobat. Jadi kita kuatkan dulu niat kita terus tetapkan tujuan kita.

Pilih Bahasa Pemrograman

Baiklah, bagian ini agak rumit sobat, karena sejujurnya ada banyak bahasa pemrograman yang bisa kita gunakan untuk membuat game seperti java, c / c++, lua, phyton dan c#. Oleh karena itu, sebaiknya mulai sekarang cepat sobat tentukan bahasa pemrograman apa yang ingin dipelajari!

Seperti saya ini sobat yang memilih behasa c# dengan game engine unity untuk belajar membuat game sendiri.

Banyak-banyakin Praktek

Selanjutnya sobat, kita harus banyak-banyak praktek. Karena belajar pemrograman atau coding itu harus dibarengi dengan  praktek, bukan hanya belajar teorinya doang. Tapi juga harus banyak-banyakin Praktek titik.

Jangan khawatir sobat, sekarang ini teknologikan sudah maju jadi kita bisa memanfaatkanya untuk proses belajar kita. Seperti belajar lewat YouTube dan Website-website tentang dunia pemrograman game.

Bergabung di Komunitas atau Forum Pemrograman

Yups, bener ini sobat. Jadi kita jangan belajar sendirian. Kita harus keluar dan melihat orang lain yang senasib dan lebih hebat dari kita. Tidak harus keluar juga sih, tapi bisa ikut bergabung di komunitas yang ada di WEB, FB, Line, Telegram ataupun WA yang menggeluti (bahasanya) pemrograman game.

Dengan bergabung di komunitas ini kita bisa menambah temen curhat jika ada error atau temen yang bisa dijadikan rival agar kita lebih termotivasi bahkan temen yang bisa dijadikan mentor untuk meminta saran, bertanya, dan berdiskusi tentang masalah yang kita alami saat belajar.

Lakukan Sesuatu

Ini adalah hal yang paling sangat krusial sobat. Sungguh, hal yang paling penting setelah Niat dan Tujuan yang dapat kita lakukan adalah dengan menulis kode dan terus belajar.

Karena semua perencanaan, bermimpi dan membentuk tim semuanya sangat menyenangkan, tetapi hal yang paling penting yang dapat kita lakukan adalah, hemm... ya lakukan. Kita lompati, kita belajar, kita membuat kesalahan, dan pengalaman itu akan sangat berharga. Trust Me!

Tentu game pertama kita tidak akan bagus. Begitu juga dengan game kedua kita tidak akan jauh lebih baik. Tetapi jika kita menyelesaikan satu game, kita melakukannya dengan lebih baik daripada 95% orang yang belajar sebelum kita.

Jangan merencanakan membuat game seperti DOTA, COC atau Mobile Legend itu jauh diluar kita, bahkan dengan tim yang terdiri dari beberapa puluhan orang.

Kita pilih sesuatu yang kecil terlebih dahulu dan kita lakukan itu.
Done Is Better Than Perfect, jadi selesaikan hal itu
lalu gunakan itu sebagai pengalaman belajar kita.

Untuk saat ini, itulah beberapa tips dari saya.
Mungkin akan saya tambahkan ke depannya.

Terimakasih telah membaca dan jika sobat punya tips lain,
sobat bisa membagikannya di komentar.

source : 
petanikode[dot]com
codepolitan[dot]com
id.wikihow[dot]com
gamedev.stackexchange[dot]com
gamefromscratch[dot]com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Belajar Pemrograman Untuk Bikin Game Sendiri Bagi Pemula"

Post a Comment

Halo sobat, terimakasih sudah membaca dan jangan lupa Comment jika dirasa masih ada yang belum paham.