5 Tips Game Desain Simpel Untuk Membuat Game Menjadi Lebih FUN

5 Tips Game Desain Simpel  Untuk Membuat Game Menjadi Lebih FUN

Lima tips game desain simpel untuk membuat game menjadi lebih FUN – Halo sobat happy weekend, pada postingan saya kali ini saya akan berbagi tulisan / artikel dari situs web learntocreategames.com yang saya terjemahkan kedalam bahasa indonesia. Judul asli dari artikel ini adalah 5 Simple game design tips to make your game more fun.

Perlu diingat sobat, saya menulis dan menerjemahkan ulang postingan ini bukan untuk mengklaim bahwa ini adalah artikel milik saya, akan tetapi saya menulis dan menerjemahkan ini untuk bahan pengingat saya jika saya lupa.

Disamping itu, saya menerjemahkan artikel ini juga untuk belajar dan berlatih serta menambah kosakata dalam bahasa inggris saya XD. Jadi harap maklum ya sobat jika terjemahannya mungkin agak sukar untuk dipahami hehe.

Oke biasanya untuk meningkatkan game dan membuatnya lebih menyenangkan awalnya kita akan membuatnya dalam bentuk dokumen desain yang singkat. Akan tetapi tidak selalu untuk menambahkan beberapa tweak kecil yang benar – benar meningkatkan game ini memerlukan sesuatu yang rumit, tetapi dengan cukup perubahan kecil saja sudah dapat membuat perbedaan yang besar sobat.

Jadi 5 tips game desain simpel untuk membuat game menjadi lebih menyenangkan ini saya harap dapat membantu sobat :

1. Random & Variety (Acak & Variasi)

Players atau pemain biasanya tidak ingin banyak mengulang permainan yang sama, dan tentu banyak yang menikmati ketika gerakan atau tindakan yang dilakukan NPC tidak selalu mudah untuk diprediksi.

Ini berarti bahwa para pemain lebih suka bermain di lingkungan yang mungkin berbeda, para pemain mungkin juga lebih suka untuk tidak dapat memprediksi beberapa perilaku NPC yang akan menambah tantangan.

Jadi kita bisa melakukan hal berikut untuk mewujudkannya : Intantiate / spawn NPC, menambahkan health atau ammos di lokasi yang acak, tambahkan beberapa probabilitas atau kemungkinan bahwa NPC mungkin tidak bertindak secara logis (seperti bukan langsung menyerang secara sistematis ketika pemain terlihat, mungkin ada sedikit kesempatan bagi mereka untuk tidak bertindak dengan cara ini).

Jalur NPC bisa memiliki jalur yang acak, hal ini membuat NPC sukar untuk diprediksi. Selama permainan game pada dasarnya berdasarkan pada keterampilan, tentu untuk menambahkan kejadian yang acak harus memberikan tantangan yang menarik.

2. Memberikan beberapa jalan yang berbeda untuk mencapai tujuan atau goal

Satu hal yang membuat menarik dalam game adalah memberi cara bagi pemain untuk mencapai tujuan pemain dengan cara yang berbeda dan memberikan kendali dan serta pilihan.

Dengan memberikan pemain beberapa pilihan, maka pemain akan merasa bahwa pemain lebih terkait dengan permainan dan juga mungkin merasa lebih dekat. Jadi misalnya, pemain dapat mencapai level akhir menggunakan jalur yang berbeda menggunakan pintu rahasia atau teleport.

3. Reward (Hadiah)

Hal ini sangat baik dilakukan untuk memberi penghargaan kepada pemain ketika mereka telah mencapai tonggak yang signifikan seperti bonus pada akhir setiap level. 

Tetapi tidak hanya itu, kita juga dapat melangkah lebih jauh dengan memberi imbalan karena pemain telah berani mengambil resiko.

Jadi, jika game kita memungkinkan untuk mencapai tujuan dengan cara yang berbeda (mudah dan sulit), pastikan bahwa yang terakhir memberikan lebih banyak hadiah.

4. Menyediakan berbagai jenis hadia / penghargaan

Player atau pemain memainkan game kita untuk alasan yang berbeda, bisa saja untuk eksplorasi, pelarian, persaingan, atau bahkan hanya untuk menantang diri mereka sendiri.

Jadi apa yang dianggap sebagai hadiah ini dapat memiliki bentuk / jenis yang berbeda, berdasarkan preferensi pemain. Jadi kita dapat memberikan beberapa penghargaan dalam game seperti peningkatan skor, extra lives, kekuatan ekstra, tempat dalam daftar skor tertinggi atau leaderboards, musik dan efek suara yang baru dan lain – lain. Apa sobat dapat ide di sini?

5. Mengizinkan player karakter untuk tumbuh dan berubah

Hal ini berarti bahwa pemain dapat memperoleh senjata, keterampilan, atau aset baru. Idenya adalah player karakter akan berevolusi seiring waktu. Misalnya saja kita ambil contoh dalam game FPS, kita bisa memasukkan senjata yang berbeda pada setiap level, menambah power – up dan lain – lain.

Oke sobat itulah beberapa tips game desain simpel untuk membuat game menjadi lebih menyenangkan dengan sedikit menambahkan perubahan kecil (tetapi efektif). Untuk sobat yang memiliki saran atau tips lainnya maka jangan ragu untuk menambahkannya melalui kolom komentar.
Saya ucapkan terimakasih telah membaca dan jika sobat suka dengan postingan saya yang seperti ini maka bantu support dan sharenya agar blog ini dapat menjadi lebih bermanfaat lagi.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Tips Game Desain Simpel Untuk Membuat Game Menjadi Lebih FUN"

Post a Comment

Halo sobat, terimakasih sudah membaca dan jangan lupa Comment jika dirasa masih ada yang belum paham.