Bagaimana Cara Meningkatkan Skills Game Development Kita

Bagaimana Cara Meningkatkan Skills Game Development Kita

Bagaimana cara meningkatkan skills game development kita – Situs gamedevelopertips.com mengatakan bahwa hidup sebagai seorang indie game developer itu simple, yaitu belajar membangun / development game ketika sedang membuat game, tentu saya juga setuju dengan hal itu.

Dan apakah sobat tahu sebelum Rovio menjadi perusahaan yang sukses dengan gamenya  angry birds, sebelum meraih sukses itu mereka telah membuat 51 unknown games.

Wow amazing enggak tu, jadi apa yang dapat kita ambil dari pengalaman perusahaan Rovio ini, jawabannya simpel sobat? Mereka tidak pernah menyerah.

Cepat atau lambat nantinya kita juga akan berhasil sobat. Amiin..

Akan tetapi ada hal penting yang harus selalu kita inget, yaitu jangan sampai kita kehilangan harapan sobat.

But it is really important to never lose your hope. 

Oh iya saya belum menyapa ni :D

Halo sobat, bagaimana kabarnya? 

Masih semangat enggak belajar membuat gamenya? 

Pasti masih semangat dong! 

Pada postingan kali ini saya akan berbagi tips lagi tentang bagaimana cara meningkatkan skills game development kita sobat.

Seperti yang telah saya paparkan diawal, tips meningkatkan skill game development ini saya ambil dari situs gamedevelopertips.com yang saya terjemahkan dengan bahasa sendiri.

Perlu diingat sobat, sama seperti postingan saya sebelumnya. 

Saya menerjemahkan dan memposting ulang artikel dari gamedevelopertips.com ini bukan untuk mengklaim bahwa ini adalah milik saya.

Akan tetapi ini adalah bagian dari proses belajar saya sendiri yang saya harapkan dapat memotivasi saya dan juga sobat – sobat agar bisa terus semangat belajar dan meninggkatkan skill ngodingnya dalam membuat game. Amiin

Monggo bagi yang belum membaca postingan saya sebelumnya bisa membaca melalui link berikut :

Cara Meningkatkan Skill Untuk Membuat Game yang Menyenangkan

Bagaimana cara memulainya?

Jadi ketika kita mulai belajar atau membuat game yang pertama kali harus kita lakukan yaitu kita harus bisa FOKUS pada project – project game yang kecil terlebih dahulu sambil perlahan – lahan meningkatkan keterampilan membuat game kita.

Memang project game pertama kita tidak akan bagus. Begitu juga dengan project game kedua kita tidak akan jauh lebih bagus.

Tapi sobat, jika kita sudah menyelesaikan satu game, kita sudah melakukannya dengan lebih baik daripada 95% orang yang baru saja belajar membuat game.

Sobat jangan coba - coba merencanakan membuat game seperti DOTA, COC atau Mobile Legend itu jauh diluar kita, bahkan dengan tim yang terdiri dari beberapa puluhan orang.

Trust Me, kita pilih project game yang kecil – kecil aja terlebih dahulu dan kita kerjakan dan selesaikan project itu. 

Done Is Better Than Perfect, jadi selesaikan project tersebut lalu kita gunakan sebagai pengalaman belajar kita. Cmiew

Akan tetapi sobat tidak harus mengikuti saran diatas, jika sobat merasa mampu tentu sobat boleh memulai membuat game yang memiliki tingkat kesulitan tinggi atau menengah, tapi tetap bukan langsung project seperti DOTA ataupun COC.

Karena ada juga yang mengatakan bahwa dengan belajar membuat game dari tingkat yang sulit atau menengah ini nantinya akan membuat kita terbiasa untuk memecahkan permasalahan dengan lebih kreatif, inovatif dan juga tidak memanjakan otak kita dengan berfikir yang biasa-biasa saja. 

Tentu untuk melakukan hal ini kita harus memiliki usaha dan pengorbanan waktu untuk belajar yang lebih keras dan lebih banyak dari biasanya sobat.

Baca juga :


Belajar membangun game dari kesalahan kita!

Hal – hal yang pertama harus dilakukan ketika kita telah menyelesaikan project game yaitu menulis daftar apa yang salah dan apa yang benar pada project game kita.

Semua hal yang salah ini kita cetak dan pastikan membuangnya atau memperbaikinya sebelum kita memulai project berikutnya.

Lakukan semua yang kita bisa untuk menghindari kesalahan yang telah kita buat dan pelajari hal itu dengan cepat. 

Misalnya saja, ada yang salah dalam strategi pemasaran kita seperti game kita telah diupload ke play store akan tetapi tidak ada yang download. Curhat ni ye :(

Maka kita harus mempelajari lagi sebanyak – banyaknya untuk menghindari kesalahan yang sama untuk project game kita berikutnya. This is the only way to get better game after game.

Belajar sebanyak – banyaknya yang kita bisa

Ini bener sobat, karena sekarang di internet telah banyak resources yang GRATIS untuk pengembang game. Inget sobat, kita juga belajar membuat game ketika sedang membuat game.

Banyak membaca buku, menonton video tutorial bukan malah banyak mendownload video tutorialnya. Self reminder hehe

Membaca blog, blognya jangan dalam negeri saja sobat coba juga baca blog – blog tentang game development dari luar negeri juga  (Ini yang saya sedang saya lakukan) saya yakin pasti sobat akan mendapatkan banyak inspirasi.

Dan luangkan setidaknya satu jam waktu kita untuk belajar hal – hal baru yang akan membantu meningkatkan keterampilan development game kita.

Oh iya, juga jangan lupa untuk istirahat sobat.

Pada dasarnya, tanyakan pada diri sendiri pertanyaan ini setiap kali kita telah membaca / mempelajari sesuatu hal yang baru.

Bagaimana saya bisa menerapkan ini untuk membuat game saya menjadi lebih baik lagi?

Go to events

Pergi ke acara – acara / events gamedev ini seringkali diremehkan, tetapi sebenarnya events ini adalah satu cara besar untuk mempelajari hal – hal yang baru, membangun relasi / koneksi dengan game developer lain dan menunjukan game kita.

Belajar hal – hal baru, iya belajar hal baru karena pada setiap event biasanya penuh dengan workshops atau pembicara (keynotes) yang bisa membuat kita belajar keterampilan yang baru.

Membangun koneksi, biasanya dengan kita datang ke event ini adalah salah satu cara terbaik untuk membangun koneksi. Kita dapat bertemu dengan orang – orang yang menarik dengan banyak cerita atau pengalaman bagus untuk dibagikan.
 
Juga dapat menemukan kontak yang baik untuk pekerjaan / kolaborasi di masa mendatang. Ini benar sobat, karena saya telah membuktikannya :)

Memperlihatkan atau menunjukan game kita, kalau yang ini saya sering kelupaan (bilang aja malu gamenya jelek xD). Ini dapat membantu kita untuk mendapatkan feedback yang baik untuk game kita dari geme developer lain.

Hal ini juga dapat membuka kesempatan kita untuk menemukan jurnalis atau publisher yang mudah - mudahan mau dan tertarik mereview game kita.

Terimakasih telah membaca dan kalau sobat punya tips lain, sobat bisa membagikannya di kolom komentar.

Terakhir, jika sobat suka dengan postingan saya yang jangan lupa untuk support dengan cara share postingan ini sobat, agar blog ini dapat berkembang dan yang nulis di blog beelancah.com ini semakin bersemangat membuat konten – konten lainnya hehehe :D

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagaimana Cara Meningkatkan Skills Game Development Kita"

Post a Comment

Halo sobat, terimakasih sudah membaca dan jangan lupa Comment jika dirasa masih ada yang belum paham.