Tutorial Unity – Cara Membuat Hitungan Mundur (Coundown Timer)
Cara membuat hitungan mundur (countdown timer) dengan unity – Selamat datang di beelancah, pada tutorial singkat kali ini kita akan belajar bagaimana cara membuat sebuah waktu hitung mundur atau countdown timer.
Sobat, adakalanya dengan adanya hitungan mundur ini dapat membuat sebuah game menjadi lebih menarik saat dimainkan.
Di dalam game hitungan mundur atau countdown ini dapat kita gunakan sebagai timer, misalnya sebagai waktu saat menjalankan suatu tugas atau membuat player bertahan agar tetap hidup selama waktu yang ditentukan untuk memenangkan game.
Atau yang lebih mudahnya lagi kita dapat menggunakan hitungan mundur saat game akan dimulai, seperti 3, 2, 1 dan GO.
Oke sobat, sekarang kita mulai buat countdown timer atau waktu hitung mundurnya.
NOTE :
Untuk mengikuti tutorial ini, sobat harus paham dan mengerti dulu bagaimana membuat project baru, membuat script baru dan menambahkan atau mengedit script pada unity.
Kalau masih belum paham saya sarankan untuk membaca tutorial saya sebelumnya tentang basic unity.
Countdown Timer dengan Unity
Untuk langkah pertama, kita buat dulu satu project baru pada unity dan setelah kita buat satu script baru dengan nama CountDownTimer.
Kemudian tulisakan kode program berikut :
Kalau sudah, jangan lupa disimpan dan kembali lagi ke unity.
Drag and drop script CountDownTimer kita ke Main Camera
Untuk melihat hasilnya kita tekan tombol Play, maka ketika program berjalan akan tercetak hitungan mundur dari 60 pada console kita.
Angka 60 ini berasal dari variabel timeLeft, sobat juga dapat menggantinya nilainya pada inspector.
Angka 60 ini akan dikurangi dengan angka satu pada setiap detiknya, jadi hal inilah menyebabkan variabel timeLeft akan berkurang dari 60, 59, 58, 57, dan seterusnya..
Bagaimana mudahkan sobat?
Kita teruskan lagi dengan sedikit menambahkan komponen UI (User Interface) Text agar angka countdown / angka yang ada pada variebel “timeLeft” dapat ditampilakan di dalam scene atau game.
Pada menu, pilih GameObject >> UI >> Text atau bisa juga dengan cara berikut :
Maka pada Hierarchy kita akan bertambah game object baru
Kita posisikan Text tepat di tengah – tengah scene, caranya kita seleksi terlebih dahulu Text lalu pada bagian Inspector kita ubah set posisinya tepat di tengah pada komponen Transform.
Sehingga nilai dari setiap sumbunya akan menjadi seperti berikut :
Sekarang barulah kita ubah ukuran fontnya, saya juga merubah warna fontnya menjadi putih
Dan kalau kita lihat pada scene kita, Text tidak akan terlihat. Ini disebabkan karena Width dan Height text lebih kecil daripada ukuran font.
Maka kita ubah juga ukuran Width dan Height dari Text agar Text dapat terlihat pada scene atau game.
Nah, sedikit lagi sobat. Kita tambahkan lagi beberapa baris kode pada script CountDownTimer kita. Pastikan hanya menambahkan kode script sudah saya beri tanda panah.
Simpan dan kembali ke unity, seleksi main camera tempat kita meletakkan script kita tadi dan disana akan terdapat satu variabel baru dengan nama timeLeftText.
Drag and drop komponen Text kedalam variabel script ContDownTimer
Play game, dan hasilnya akan terlihat pada scene atau game kita menampilkan satu Text dari angka 10 dan akan terus dikurang dengan angka 1 setiap detiknya.
Saya rasa tutorial ini cukup sampai disini dulu, jika sobat masih bingung atau ada yang belum jelas atau tutorial ini membuat sobat tambah bingung atau… atau .. atau. :D
Jangan ragu – ragu deh untuk melemparkan pertanyaannya melalui kolom komentar.
Saya ucapkan terimakasih telah membaca dan jangan lupa untuk mempraktekkannya.
Karena lebih baik mempraktekkannya walaupun hanya satu kali daripada kita membacanya berulang – ulang sampai seribu kali. CMIIW
NOTE :
Tutorial update setiap hari jumat atau minggu
This comment has been removed by the author.
ReplyDeletebagaimana jika waktu sampai ke 0,dan waktu akan berhenti
ReplyDeletetambahkan aja di methodnya atau di update dengan kondisi jika variabel timeLeft == 0 maka while untuk looping countdownnya kita set false. Tapi jika makai kode program yang disini implementasinya akan sedikit sulit karena disini memakai corountine. Coba aja cari tutorial yang lain di internet gan biar bisa lebih paham.
Deletekalau untuk kuis bagaimana caranya ketika hitung mundur selesai kemudian scene soal 1 berpindah ke scene soal 2 ?
ReplyDeleteTambahkan kondisinya mas, jika timeLeft atau variabel hitung mundurnya <= 0 maka pindahkan scenenya. Gunakan SceneManager.LoadScene("NamaSceneYgDituju");
DeleteCoba tutorial ini juga mas, biar lebih paham lagi gimana buat Countdown dengan cara yang berbeda https://www.youtube.com/watch?v=Oe9BZVnoedE