Tutorial Unity - Cara Menggunakan Input Mouse Button

Tutorial Unity - Cara Menggunakan Input Mouse Button

Cara menggunakan input mouse button pada unity – Halo sobat, selamat pagi? Pada tutorial unity kali ini kita akan belajar bagaimana caranya menggunakan mouse kita sebagai media inputan.



Inputan yang bisa kita lakukan pada mouse ini seperti pada saat kita menekan klik kiri, klik kanan atau middle klik (klik tengah) pada mouse maka akan menjalankan suatu event tertentu.

Wah pasti sulit ni..?

Santuy, tidak terlalu sulit kok sobat :)

Jadi untuk mendeteksi mouse yang kita klik / tekan sebagai media inputan, kita bisa menggunakan suatu fungsi yang bernama GetMouseButton, GetMouseButtonDown dan GetMouseButtonUp.

Fungsi GetMouseButton ini kita gunakan untuk mendeteksi ketika tombol mouse kiri, kanan atau tengah terus ditekan. Jadi GetMouseButton akan mengembalikan nilai TRUE ketika tombol mouse yang ditentukan sedang ditekan.

Untuk fungsi GetMouseButtonDown digunakan untuk mendeteksi ketika ada klik mouse. Jadi GetMouseButtonDown akan mengembalikan nila TRUE jika ditekan sekali. Dan tidak akan bernilai TRUE lagi sampai tombol mouse kita lepaskan dan kita tekan lagi.

Sedangkan fungsi GetMouseButtonUp digunakan untuk mendeteksi kapan tombol mouse baik klik kiri, klik kanan atau midle klik (klik tengah) dilepaskan.

Jadi GetMouseButtonUp hanya akan mengembalikan nilai TRUE setelah tombol mouse yang kita klik / tekan dilepaskan. Dan untuk mengembalikan nilai TRUE lagi, kita harus menekan dan melepaskan lagi tombol mouse.

Nah.. berikut adalah sintaks fungsi – fungsi yang digunakan untuk memeriksa Klik pada tombol mouse kita.
  • Input.GetMouseButton(int button);
  • Input.GetMouseButtonDown(int button);
  • Input.GetMouseButtonUp(int button);
Kalau kita perhatikan ketiga fungsi di atas memiliki parameter yang sama yaitu “int button”. Ini berarti jika kita menggunakan ketiga fungsi tersebut maka kita harus mengisi parameter tersebut dengan nilai integer (bilangan bulat).

Akan tetapi untuk setiap nilai integer yang kita isikan pada index atau parameter setiap fungsi GetMouseButton tersebut harus bernilai 0, 1, dan 2.

Angka 0 ini untuk klik kiri mouse.
Angka 1 untuk klik kanan mouse.
Sedangkan angka 2 untuk midle mouse.

Karena jika kita memberikan nilai yang berbeda misalnya 10 maka saat kita coba Play maka unity akan memberikan pesan error pada Console kita. 

Oke, kita langsung aja coba kodingnya sobat.!

Cara Menggunakan GetMouseButton Input Pada Unity

NOTE :
Untuk mengikuti tutorial ini, sobat harus paham dan mengerti dulu bagaimana membuat project baru, membuat script baru dan menambahkan atau mengedit script pada unity. Kalau masih belum paham saya sarankan untuk membaca tutorial saya sebelumnya tentang basic unity.

Seperti biasa langkah pertama kita buat project baru terlebih dahulu, dan tambahkan satu script baru dengan nama InputMouse atau sesuai dengan yang sobat inginkan.
Buka script di kode editor yang sobat gunakan dan tambahkan beberapa baris kode program berikut :


Simpan script InputMouse kita dan kembali lagi ke unity, lalu drag and drop InputMouse ke MainCamera.

Tekan Ctrl + P atau tekan button Play di unity, dan lihat pada console ketika kita menekan salah satu tombol mouse maka akan mencetak informasi yang telah kita sisipkan pada script InputMouse.

Cara Menggunakan GetMouseButtonDown Input Pada Unity

Untuk mempaktekan yang GetMouseButtonDown ini sobat bisa mencobanya dengan membuat script baru lagi atau mengedit script InputMouse yang telah kita buat tadi.

Berikut kode program untuk penggunaan fungsi GetMouseButtonDown :


Sama seperti langkah sebelumnya, sobat simpan scriptnya dan kembali lagi ke unity untuk melihat hasilnya.

Cara Menggunakan GetMouseButtonUP Input Pada Unity

Sedangkan untuk mempaktekan yang GetMouseButtonUp, sobat bisa mencobanya dengan membuat script baru lagi atau mengedit script InputMouse yang telah kita buat tadi.

Berikut beberapa baris kode program untuk penggunaan fungsi GetMouseButtonUp :


Bagaimana sobat, mudahkan?

Saya rasa tutorial ini cukup sampai disini dulu, jika sobat masih bingung atau ada yang belum jelas atau tutorial ini membuat sobat tambah bingung atau… atau .. atau. hehehe

Jangan ragu – ragu deh untuk melemparkan pertanyaannya melalui kolom komentar.

Juga jika sobat punya pendapat yang lain pada tutorial kali ini, yuk kita bahas lewat kolom komentar atau hubungi saya langsung juga enggak apa – apa. Saya welcome kok :D

Saya ucapkan terimakasih telah membaca dan jangan lupa untuk mempraktekkannya.

Karena lebih baik mempraktekkannya walaupun hanya satu kali daripada kita membacanya berulang – ulang sampai seribu kali. CMIIW

NOTE :
Tutorial update setiap hari jumat atau minggu

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Tutorial Unity - Cara Menggunakan Input Mouse Button"

  1. aoakah ini berfungsi di hp bro??saat tombol diklik maka ada object muncul??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bro, ketika kita menggunakan GetMouseButton maka saat kita play menggunakan hp GetMouseButton ya akan menjadi input touch. Tapi kalau kita gunakan tombol tentu caranya beda lagi bro, kita enggak perlu gunakan GetMouseButton untuk tombol kita

      Delete
    2. kalo dihp gmn mas,saat tombol hp diklik misalnya tombol play lalu muncul apa gitu

      Delete
    3. Kalau tombol play di hp itu dibagian mana ya mas hehehe... Oh mungkin maksutnya tombol play yang sendiri itu ya mas. Saran saya sih mas, kalau mau coba yang kayak gitu, masnya pelajari aja dulu tutorial Memmbuat Main Menu yang ada di blog ini. Nanti hasilnya dicoba deh ke hp masnya

      Delete

Halo sobat, terimakasih sudah membaca dan jangan lupa Comment jika dirasa masih ada yang belum paham.