Tutorial Unity - Cara Membuat Input Keyboard

Tutorial Unity - Cara Membuat Input Keyboard

Cara membuat input keyboard pada unity – Halo sobat, masih semangat atau enggak ni belajar membuat game menggunakan software unity3d? Tentu masih semangatnya, kalau begitu pada tutorial kali ini kita akan belajar bagaimana membuat sebuah alat kontrol / inputan sederhana pada game menggunakan keyboard sebagai media inputannya.



Wah boleh juga tu…

Oke, kalau gitu langsung aja kita praktekkan langkah – langkahnya sobat!

Langkah yang pertama tentu kita harus membuat project baru terlebih dahulu, beri nama project sesuai dengan yang sobat inginkan.

Sudah itu kita buat satu script C# baru dengan nama InputKeyboard, buka script dan tambahkan beberapa baris kode program berikut :

Nah, pada kode program di atas kita telah membuat beberapa kondisi inputan. Kondisi yang pertama yaitu jika kita menekan tombol X maka pada tab Console akan tercetak pesan “Tombol X ditekan” dan kita juga merubah warna background dari Main Camera kita dengan warna hitam.

Begitu juga dengan kondisi – kondisi yang lainnya, mereka akan mencetak pesan pada Console dan merubah warna background sesuai dengan yang ada pada script.

Yang perlu benar – benar kita perhatikan pada script di atas adalah pada kondisi inputnya yang menggunakan fungsi berbeda – beda.

Jadi jika kita ingin membuat suatu inputan menggunakan keyboard sebagai media inputannya maka kita bisa menggunakan fungsi GetKey, GetKeyDown, dan GetKeyUp.

Ketiga fungsi tersebut memiliki kondisi yang berbeda – beda, berikut penjelasannya :

  1. GetKey, fungsi ini akan dijalankan ketika atau selama tombol keyboard ditekan, jadi selama tombol keyboard kita tekan maka fungsi ini akan dijalankan berkali – kali.
  2. GetKeyDown, hanya akan dijalankan / dieksekusi sebanyak satu kali saja yaitu saat pertama kali tombol keyboard ditekan. Jadi selama apapun tombol keyboard kita tekan, perintah yang ada tetap akan dijalankan sebanyak satu kali.
  3. GetKeyUp, hanya akan dijalankan sebanyak satu kali saja yaitu pada saat kita melepaskan tombol keyboard atau pada saat jari kita diangkat dari tombol keyboard. Jadi ketika kita menggunakan fungsi ini dan kita menekan tombol keyboard dan menahannya, perintah yang ada pada fungsi ini belum akan dijalankan tetapi setelah kita melepaskan tombolnya, barulah perintah yang ada akan dijalankan.

Baca Juga :

Oke, sekarang kita simpan scriptnya, lalu kita kembali lagi ke unity dan drag and drop script InputKeyboard ke Main Camera.

Tutorial Unity - Cara Membuat Input

Untuk melihat hasilnya, kita tekan tombol Play atau shortcut Ctrl + P dan kurang lebih hasilnya akan seperti ini.

Tutorial Unity - Input Keyboard

Bagaimana sobat, mudah bukan?

Saya rasa tutorial kali ini cukup sampai disini dulu, jika sobat masih bingung atau ada yang belum jelas atau tutorial ini membuat sobat tambah bingung atau… atau .. atau. :D

Jangan ragu – ragu deh untuk melemparkan pertanyaannya melalui kolom komentar.
Saya ucapkan terimakasih telah membaca dan jangan lupa mempraktekkannya.

Karena lebih baik mempraktekkannya walaupun hanya satu kali daripada kita membacanya berulang – ulang sampai seribu kali. CMIIW

NOTE :
Tutorial update setiap hari jumat atau minggu

Reference : www.jagocoding.com

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Tutorial Unity - Cara Membuat Input Keyboard"

  1. Kalo Buat Game Game Di Android gimana kan gak ada keyboard nya
    bikinin tutorial Bikin button dund.
    btw ada wa atau fb ga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke siap mas, ditunggu aja ya.. InsyaAllah dalam waktu dekat akan saya buatkan tutorialnya.

      Untuk WA saya ada di halaman Contact yang ada di footer mas

      Delete

Halo sobat, terimakasih sudah membaca dan jangan lupa Comment jika dirasa masih ada yang belum paham.